twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
UmrahGratis

Kamis, 21 Juni 2012

Tips | 5 cara untuk meningkatkan kualitas lamaran kerja /resume/cv anda

Menjadi HRD, merupakan pekerjaan yang cukup membosankan.. Bagaimana tidak? dalam satu hari anda dapat menerima minimal 300 resume/lamaran. harus dibaca satu per satu?? Zzzz.... Zzzz...

Ketika Anda sedang mencari pekerjaan, resume Anda adalah alat yang paling penting yang Anda miliki. Ini menampilkan siapa Anda, apa yang Anda dapat lakukan dan memberikan alasan kuat mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Resume, lamaran kerja atau familiar juga dengan CV (Curriculum Vitae adalah hal pertama yang dilihat oleh Manajer HRD/ SDM sebelum mengundang Anda wawancara untuk posisi tersebut. Seperti alat pemasaran,
resume adalah salah satu faktor yang memiliki kekuatan 'jual' siapa anda.

Jika resume Anda tidak terorganisir dengan baik atau sulit untuk dibaca, Manajer HRD/SDM akan lebih cenderung untuk cepat membuangnya daripada mencoba untuk memahaminya. Dengan sedikit trik Anda dapat membuat resume Anda menjadi lebih menarik. Begini caranya :

Selalu up to date
hal pertama yang harus anda lakukan sebelum hal lain adalah meng-up date resume. Tambahkan di beberapa pengalaman kerja, pelatihan dan pendidikan. Idealnya, Anda harus memperbarui itu secara teratur, namun ada banyak orang yang hanya berpikir meng-up date resume mereka ketika mereka tidak lagi bekerja (job less). Jika sudah demikian, segera lakukan up date informasi pada resume yang sudah lama.

Hindari kekacauan pada resume
Hapus kata-kata penjelasan yang tidak terlalu berarti penting. Seperti kata-kata \\\'profesional'\\\ atau \\\'keterampilan komunikasi yang baik'\\\. Kecuali kualitas ini digunakan sebagai kata kunci dalam iklan pekerjaan. Jika tidak, tidak perlu menggunakannya. Sebaliknya, biarkanlah resume dan surat lamaran yang menunjukkan bahwa Anda adalah seorang profesional dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Menyingkirkan dari hal-hal yang tidak berarti penting dapat memberikan kebebasan ruang untuk hal-hal lain yang dilakukan.

Tampilkan Prestasi Kerja
Dahulukan prestasi dari pada lebih banyak menampilkan deskripsi kerja anda kemarin (Job Desc), tampilkan bahwa anda adalah 'aset' berharga. Mayoritas isi resume lebih banyak menampilkan daftar pengalaman kerja beserta rincian paragraf pekerjaan tersebut. Buatlah resume anda lebih menarik dari mayoritas resume orang lain, dengan menampilkan bagaimana anda adalah 'aset' berharga ditempat kerja yang lalu. Ingat... dahulukan prestasi!


Edit, Edit, Edit
Hanya karena satu kesalahan ejaan atau tata bahasa dapat 'mencegah' Anda mendapatkan panggilan wawancara. Mengedit dan kemudian mengedit lagi. Buka resume Anda, cek lagi dan lagi secara berkala, cari kata-kata yang tidak terlalu berarti, hal-hal yang bermakna tidak baik, juga untuk kesalahan-kesalahan kecil lainnya. Ini adalah gerbang mata pencaharian Anda, jangan membuang kesempatan dengan kecerobohan. So... Edit!


Gunakan kata-kata kunci
Ketika anda mendaftar untuk suatu pekerjaan, perhatikan kata kunci yang digunakan dalam iklan. ketika anda mendapatkan kata kunci tersebut, gunakan dalam resume anda. Banyak Perusahaan menggunakan software khusus untuk menyortir resume yang mereka terima guna mempersempit batasan resume pelamar hanya untuk mereka yang memenuhi syarat & kualifikasi posisi tersebut. Software tersebut akan memindai resume melalui kata kunci, jadi pastikan resume anda tidak dihapus sebelum dibaca.

Bonus :


Simpan dengan Pintar
Setelah puas dengan resume anda, pastikan menyimpannya dengan cara yang mudah untuk di akses oleh siapa saja. Cara terbaik, menyimpannya sebagai PDF (Portable Data Format), Doc File, juga pastikan menggunakan nama file yang mudah untuk diakses.

Demikian, Semoga Bermanfaat []

0 komentar:

Posting Komentar

Hosting Gratis
 

Dodol

Dilihat