twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail
UmrahGratis

Jumat, 25 Mei 2012

Membuat Proposal kegiatan acara

Banyak jalan menuju Roma.
Dimana ada keinginan disitu ada jalan.

Kedua petuah bijak diatas dapat kita jadikan spirit disaat kita dalam kondisi kebingungan, ragu dan galau untuk menyelenggarakan suatu kegiatan, yah apalagi sebabnya kalau bukan faktor dana. Nah disinilah manfaat pengajuan proposal, walaupun kita tidak memiliki dana untuk menyelenggarakan acara yang direncanakan, kita bisa melakukan barter space dengan pihak donatur. Mereka adalah pihak Pemerintahan, BUMN, BUMD, Perusahaan swasta, radio, media cetak, dsb.
Proposal kegiatan tersebut bisa diajukan kepada donatur...
dengan melihat kesesuaian tema kegiatan proposal.
Berikut tips & trik inspiratif starting proposal, so.. let's play :
  • Perhatikan tema; buatlah tema kegiatan acara yang saling menguntungkan ke tiga pihak, Donatur, Masyarakat, dan pastinya anda sendiri selaku starter. kalau bingung menentukan tema, silahkan googling, binging, yahooing, teman-teman akan menemukan ide-ide yang sangat inspiratif. tinggal diganti objeknya, atau perbarui temanya.
  • Perhatikan jangka waktu pelaksanaan; manajemen waktu sangat penting dalam menyusun proposal kegiatan. guys, kita ga bisa tiba-tiba dapat ide acara kemudian merencanakan realisasi acaranya minggu depan dengan harapan acara tersebut berjalan sukses dan menguntungkan. perlu disadari, semakin besar acara maka semakin lama jangka waktu penyebaran proposal kepihak donatur mengingat kita sebagai pihak penyelenggara hanya bermodalkan ide dan tenaga yang dituangkan dalam penjelasan singkat pada proposal kegiatan. so.. siapkan waktu 2-3 bulan menjelang realisasi kegiatan acara.
  • Ketika membuat proposal boleh-boleh saja mencontoh kepada kesuksesan suatu proposal terdahulu, tapi yang perlu diketahui buatlah proposal dengan gaya anda sendiri tanpa berlebihan (4 L 4 Y) tetap fokus terhadap tag line dan poin-poin tujuan.
Oke, berikut poin-poin salah satu contoh proposal penghijauan kampus, sekolah, lokasi daerah, dsb. Sori ya dicoret2  :

Latar belakang (Background ), pastilah segala sesuatu itu ada motiv nya, pada bagian ini silahkan diceritakan tapi tidak perlu panjang lebar seperti karya ilmiah, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, and so on. cukup 1 lembar saja, kalau bingung ya balik maning ke googling. ketik kata kuncinya "latar belakang penghijauan lingkungan xxxx". 




Berikutnya apa TEMA nya? go green kah? ever green kah? back to nature? love green? pokok nya semua tentang penghijauan disortir saja.




















Selanjutnya adalah TUJUAN dari acara tersebut, "tujuannya adalah satu. menciptakan suasana lingkungan yang asri" dua. "menciptakan kesadaran setiap orang akan akibat besar dari kelalaian menjaga lingkungan", dsb.

PELAKSANAAN, bagaimana melaksanakan kegiatan tersebut? A. membuat galian resapan, B. peletakan sampah organik dan non organik, 3. penanaman pohon. dsb

SUSUNAN PANITIA; penanggung jawab, penasehat, pembina, ketua panitia, sekretaris, bendahara, korlap, perencanaan, sie penyusun proposal, sie peralatan, dst.

Lampirkan gambar dan detil spesifikasi KEBUTUHAN MATERIAL yang dihibahkan, atau habis pakai, bukan untuk inventory pribadi juga kelompok.

Ini contoh sederhana barter space nya, tinggal ganti kalimat nya yang lebih menampilkan manfaat, seperti Pihak donatur akan disebutkan pada tiap spot iklan radio, koran, dan logonya akan ditayangkan. (publikasi)

Ini ending nya, tinggal dipoles lagi bahasa nya sesuai dengan kreativitas teman-teman para proposaler's, hehe..


ini total biaya, dilengkapi diatasnya ada breakdown (penjelasan detil per item)
Ini contoh total lampiran biaya. tetapi sebaiknya dibuat secara lebih detil perkelompok biaya.

Demikianlah sekilas berbagi pengetahuan tentang proposal kegiatan acara. jangan ragu untuk mengadakan suatu kegiatan yang positif hanya dengan modal ide, semangat, dan tenaga, karena dengan konsep proposal yang menarik dapat membantu pondasi dana untuk realisasi kegiatan acara tsb. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Hosting Gratis
 

Dodol

Dilihat